TELADAN, Cara Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation Mencetak Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumber: tanotofoundation.org

Sukanto Tanoto memiliki perhatian lebih pada dunia pendidikan di Indonesia. Menurutnya, setiap anak Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Anak-anak yang terdidik tidak hanya memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meraih kesuksesan. Sebagai sebuah generasi, mereka juga berpotensi membawa bangsa dan negara ke tingkat yang lebih tinggi.

Upaya Sukanto Tanoto dalam membantu mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mendirikan Tanoto Foundation yang secara aktif menggalakkan berbagai program yang berfokus pada pendidikan. Dari beberapa program yang dijalankan, TELADAN menjadi salah satu program andalan. Melalui program inilah, Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation ingin membantu mencetak generasi pemimpin masa depan.

Program TELADAN Tanoto Foundation

TELADAN merupakan kependekan dari (Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan). Program ini menjadi salah satu program andalan Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Sesuai dengan namanya, TELADAN dicanangkan demi membentuk calon pemimpin masa depan yang mampu memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar, di manapun mereka berada. Untuk mewujudkan hal tersebut, Tanoto Foundation bekerja sama dengan beberapa universitas ternama seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Universitas Riau, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas dan Universitas Brawijaya.

Dalam program TELADAN, para peserta program atau yang biasa disebut Tanoto Scholars akan mendapatkan beasiswa beserta pelatihan untuk mengembangkan dirinya. Dukungan finansial berupa beasiswa akan diberikan mulai dari semester II hingga semester VIII. Tidak hanya itu, peserta yang lolos seleksi juga berhak mendapatkan uang saku bulanan.

Selain beasiswa pendidikan, Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation juga memberi kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mengikuti program-program yang dapat memberi pengalaman global. Bahkan peserta program TELADAN juga diberi kesempatan untuk belajar di luar negeri. Tidak hanya itu, dukungan pengembangan karier dan kepemimpinan juga akan diperoleh oleh para peserta program.

Dalam pelaksanaannya, program TELADAN memiliki 3 tahapan. Ketiga tahapan tersebut meliputi program dasar (foundation program), program lanjutan (intermediate program) dan persiapan karier.

Membangun Negeri Melalui Pendidikan

Tanoto Foundation secara resmi berdiri pada tahun 2001. Meski demikian, benih organisasi filantropi independen bentukan Sukanto Tanoto dan istri tersebut sebenarnya mulai didirikan sejak tahun 1981.

Pada tahun tersebut, Sukanto Tanoto dan istri mendirikan sekolah pertamanya di Besitang, Sumatera Utara. Sekolah yang didirikan merupakan TK dan SD yang hingga kini masih berdiri kokoh dan mengabdikan diri dengan mendidik anak-anak sekitar.

Sejak saat itu, jangkauan Tanoto Foundation terus berkembang. Wilayah operasional organisasi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto tersebut juga sudah tersebar di beberapa daerah di bumi pertiwi seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Timur, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Sebagian besar program Tanoto Foundation memang berfokus pada pendidikan generasi penerus bangsa, khususnya pendidikan anak usia dini dan mahasiswa. Namun di samping itu, Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation juga menyadari arti penting guru sebagai tenaga penggerak pendidikan.

Guru adalah ujung tombak pendidikan. Seberapa baik kualitas pendidikan suatu negara, semua itu sangat ditentukan oleh kualitas tenaga pendidiknya. Hal tersebut merupakan sebuah realita yang direspon Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation dengan program Pelita Pendidikan.

Pelita Pendidikan merupakan sebuah program pelatihan guru. Melalui program ini, Sukanto Tanoto ingin berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah-daerah. Tidak tanggung-tanggung, Tanoto Foundation juga telah bekerja sama dengan RuangGuru yang merupakan platform bimbingan belajar besar Indonesia untuk mendukung pelaksanaan program tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *